Redirect

Periperal input devices - Komponen penerima / input di komputer adalah alat pendukung yang berfungsi membagi segala informasi dari luar ...

Periperal input devices - Komponen penerima / input di komputer

Periperal input devices - Komponen penerima / input di komputer

adalah alat pendukung yang berfungsi membagi segala informasi dari luar ke dalam komputer. Contohnya:

     1.  Perangkat masuk / Input devices, Perangkat yang bertugas menerima informasi kedalam komputer. Contohnya:


   -    Mouse dapat di artikan perangkat yang di gunakan untuk mengirim perintah ke dalam komputer.



   -   Keyboard dapat di artikan perangkat yang berisi susunan huruf, angka dan komponen lain yang mengirimkan informasi ke dalam komputer.


   -   Graphic tablet / Papan grafis atau dikenal sebagai digitizer, drawing tablet, digital drawing tablet, pen tablet, atau digital art board merupakan perangkat mengizinkan pengguna untuk mengirimkan informasi ke dalam komputer sesuai yang di buat layaknya kertas dan pulpen.


   -   Scanner merupakan perangkat yang dapat menyimpan gambar / teks dalam bentuk fisik ke dalam komputer.

    -   Game controller merupakan alat pengendali yang di gunakan biasanya untuk bermain game atau hiburan lainnya sebagai informasi ke dalam komputer.


   -   Webcam dapat di artikan alat yang dapat menyimpan gambar / video dan mengirimkannya ke dalam komputer.


   -   Microphone merupakan alat yang dapat menerima suara dan mengirimkan informasi tersebut ke dalam komputer.


   -   Barcode reader merupakan alat masuk informasi ke dalam komputer untuk membaca kode yang  berbentuk susunan pola kotak atau garis vertikal. Susunan kotak dan garis garis vertikal ini berisi kode dalam bentuk angka.


   -   Magnetic card reader / pemindai kartu magnet adalah alat yang dapat menyimpan informasi kartu magnetik seseorang ke dalam komputer dengan cara menggesek / menempelkan kartu tersebut.



   -   Fingerprint scanner atau pemindai sidik jari merupakan suatu alat elekronik yang dapat menangkap pola sidik jari seseorang dan mengirimkan informasi tersebut ke dalam komputer.


   -   Retina scanner atau pemindai retina mata merupakan alat elektronik yang menangkap pola retina mata seseorang dan mengirim informasi tersebut ke dalam komputer.
 
     Banyak yang beranggapan bahwa CD-ROM, DVD, Floppy diskette drive, dan  USB Flash disk merupakan komponen penerima informasi / input devices, tetapi sebetulnya komponen tersebut bukanlah penerima informasi. Lebih tepatnya sebagai komponen perangkat penyimpanan

     Dalam artikel berikutnya kita akan melanjutkan pembahasan komponen pendukung / Periperal yang bersifat  Output dan Input-Output.

Artikel yang terkait dengan Periperal input devices - komponen input komputer:
     -     Pengertian dan Fungsi Bagian-Bagian Komponen Motherboard Beserta Gambarnya

0 comments: