Redirect

Perbedaan dan penjelasan kabel LAN  Cat-5, Cat-5e dan Cat-6         Kabel LAN memiliki peranan penting dalam jaringan lokal. Dari jenisn...

Perbedaan dan penjelasan kabel LAN Cat-5, Cat-5e dan Cat-6

Perbedaan dan penjelasan kabel LAN  Cat-5, Cat-5e dan Cat-6

 
      Kabel LAN memiliki peranan penting dalam jaringan lokal. Dari jenisnya kabel LAN yang di gunakan terdiri dari 2 jenis yaitu UTP dan STP. Berikut sedikit penjelasan UTP DAN STP.

KABEL UTP
Kabel UTP adalah kepanjangan Unshieled Twisted Pair. Dinamakan demikian karena tidak ada pelindung kabel (Unshieled), bentuknya berputar (Twisted), dan berpasang-pasangan warnanya (Pair).
Kabel STP adalah kepanjangan dari Shieled Twisted Pair. Dinamakan demikian karena ada pelindung kabel (Shieled), bentuknya berputar (Twisted), dan berpasang -pasangan warnanya (Pair).
Yang membedakan UTP dan STP hanya pelindung bagian dalam kabelnya. Gambar di bawah kabel CAT 5e berwarna biru adalah jenis kabel STP. Sedangkan gambar Cat-3,  Cat-5, Cat-6 adalah jenis kabel UTP.

leenetpic1
CAT 3, CAT 5, CAT 5e, dan CAT 6
     Kabel LAN umumnya yang di pakai Cat-5 dan Cat-6. Saat ini penggunaan kabel lan sudah sampai di Cat-7. Namun yang kita bahas kali ini perbedaan jenis kabel LAN Cat-5, Cat-5e dan Cat-6.
Selain kabel, konektor juga memiliki tipe yang berbeda berikut contoh konektor yang umumnya dipergunakan:
  • Konektor CAT 5 dan CAT 5e
CAT5
  • Konektor CAT 6a
connector-rj45-utp-cat-6-amp-5-1479185-3CAT6

     Berikut adalah perbedaan fungsi dari Cat-5, Cat-5e, Cat-6, dan Cat-6a.
600x325xspec-chart.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.P43N2Wyv7Y
     Dari tabel di atas dapat di simpulkan bahwa Cat-5 hanya memiliki kecepatan transfer data maksimal 100 Mb/s. Cat-5e kecepatan transfer data 1Gb/s. Sedangkan Cat-6 memiliki kecepatan transfer data maksimal 10 Gb/s untuk jarak maksimal kabel 55 meter. Jarak maksimal Cat-5 maupun Cat-6  adalah 100 meter.
Pada artikel mendatang kita akan membahas tentang Kabel LAN Straight dan Crossover serta fungsinya

0 comments: