Redirect

Pengertian dan Fungsi Bagian-Bagian Komponen Motherboard Beserta Gambarnya Motherboard merupakan pusat pengendali  (otak)  dalam sistem k...

Pengertian dan Fungsi Bagian-Bagian Komponen Motherboard Beserta Gambarnya

Pengertian dan Fungsi Bagian-Bagian Komponen Motherboard Beserta Gambarnya

Motherboard merupakan pusat pengendali (otak) dalam sistem komputer. Motherboard juga dikenal sebagai sistem board atau papan utama (main board). Semua hal dalam sistem yang terhubung dalam komputer, dikontrol atau dikendalikan oleh motherboard untuk berkomunikasi dengan piranti yang lainnya dalam sistem. Motherboard adalah papan sirkuit tercetak (printed circuit board) yang paling besar. Setiap sistem akan memiliki satu. Motherboard biasanya merupakan tempat dari beberapa komponen berikut ini :
  • CPU
  • Circuit pengontrol
  • Bus/Adapter
  • RAM
  • Slot Ekspansi untuk board tambahan
  • Port untuk piranti eksternal
  • CMOS
  • ROM
  • Chip BIOS
  • Support Chip yang memiliki fungsi bervariasi
Jika komputer menggunakan case desktop, sistem board akan terletak didasar case komputer. Jika komputer menggunakan case tower, Motherboard biasanya akan terletak di satu sisi secara vertikal. Semua komponen yang terhubung ke dalam unit akan terkoneksi secara langsung dalam motherboard.
komponen motherboard

KOMPONEN DALAM MOTHERBOARD


back-panel
Keterangan :
1. Socket Processor : Tempat terpasangnya processor/CPU (Central Processing Unit) yang sering disebut dengan otak dari komputer. Processor merupakan komponen yang berfungsi mememproses semua informasi dari input periperal yang ada. Yaitu keyboard, mouse, mikrofon yang di proses menjadi bahasa mesin yang dapat di mengerti oleh komputer.
2. Socket RAM/Slot Memori : Untuk menempatkan RAM/Memasang RAM. RAM berfungsi menyimpan data sementara dari program yg kita jalankan.
3. Northbridge : Sebutan bagi komponen penghubung antara RAM, Processor Front  side bus, dan AGP.di motherboard. Dinamakan north bridge karena ada di bawah yang identik dengan utara. Northbridge biasanya berdekatan dengan Processor.
4. Southbridge : Penghubung IDE controller, PCI bus, ROM bios, Keyboard, mouse, lan, dan modem. Dinamakan south bridge karena ada di bawah yang identik dengan selatan.
5. PCI Express x16 : Untuk menempatkan kartu grafik/VGA Card agar dapat menghasilkan output yang berkualitas.
6. PCI x1 : Untuk menempatkan aksesoris seperti adapter nirkabel, TV tunner dan sebagainya.
7. Slot AGP : Untuk menempatkan kartu grafik/VGA Card yang berjenis AGP.
8. Slot PCI : Slot ekspansi dimana berbagai kartu plug in dapat dipasang beberapa kartu ekspansi seperti modem, kartu jaringan dan lain-lain.
9. BIOS : Memori permanen tempat tersimpannya data penanggalan serta pengaturan dari komponen komputer.
10. CMOS Baterai : Untuk mempertahankan memori dari chip CMOS yang berisi hal-hal seperti tanggal, waktu, jenis perangkat keras dan pengaturan lainnya khusus untuk komputer.
11. Port SATA : Merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Digunakan untuk menghubungkan Harddisk dengan sistem komputer.
12. Port IDE : Merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.
13. Port Floppy Disk : Untuk menghubungkan mediaremovable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket/Floppy Disk.
14. Port Power/ATX Power : Untuk menghubungkan konektor power dari power supply dengan motherboard.
15. Back Panel : Kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC.
16. Port PS/2 Mouse : Untuk menghubungkan mouse dengan komputer/PC.
17. Port PS/2 Keyboard : Untuk memasang keyboard.
18. Port Paralel : Untuk memasang perifelar kecepatan rendah dengan lebar data 8 bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.
19. Port Serial : Untuk memasang perifelar kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun sekarang jarang digunakan
20. Port SPDIF : Untuk menghubungkan komputer dengan perifelar audio seperti home theatre.
21. Port Firewire : Untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti Audio capture atau streaming video.
22. Port RJ45 : Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.
23. Port USB : Untuk antarmuka dengan perifelar atau peralatan eksternal generasi baru menggantikan port paralel dan port serial.
24. Port Audio : Untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

Jumper Panel Motherboard:

front panel mobousbmoboaudio
Setiap seri dan tipe dari motherboard terkadang memiliki tata letak jumper yang berbeda. Gambar di atas merupakan jumper front panel dari tombol power, tombol reset, slot usb ,jack audio, dan lampu indikator power dan harddisk.