Apa yang di maksud dengan Traffic Management QOS (Quality of Service)?      Dalam sebuah jaringan besar dengan banyak komput...

Penjelasan Traffic Management QOS (Quality of Service)

     Apa yang di maksud dengan Traffic Management QOS (Quality of Service)?


     Dalam sebuah jaringan besar dengan banyak komputer, volume data yang bergerak melalui firewall bisa sangat besar. Seorang administrator jaringan dapat menggunakan Traffic Management and Quality of Service (QoS) sebagai tindakan untuk mencegah hilangnya data penting untuk aplikasi bisnis dan untuk memprioritaskan aplikasi didalam sebuah jaringan
      
     Traffic Management and Quality of Service memberikan kemudahan:
•    Batas bandwidth•    Kontrol tingkat, di mana Firebox mengirimkan paket ke jaringan
•    Prioritas ketika untuk mengirim paket ke jaringan
     
     Untuk menerapkan kebijakan Traffic Management, kita harus mengikuti prosedur langkah - langkah pengaturan Traffic Management yang dapat kita terapkan lebih dari satu definisi kebijakan. Dengan cara ini kita tidak perlu mengkonfigurasi pengaturan Traffic Management secara satu persatu. Kita dapat menentukan tindakan lain dalam Traffic Management jika kita ingin menerapkan pengaturan yang berbeda dengan prosedur yang berbeda.

     Pengaturan kecepatan bandwidth
Pemesanan kecepatan bandwidth dapat mencegah timeout koneksi. Traffic management berfungsi sebagai pengatur antrian bandwidth yang dicadangkan dan prioritas rendah dengan bandwidth untuk aplikasi real-time dengan prioritas lebih tinggi tanpa memutuskan antrian dalam jaringan tersebut. Traffic management dapat mengambil keuntungan dari bandwidth yang dilindungi undang-undang dan tidak terpakai, bila telah tersedia.

Contoh:
Perusahaan anda yang terhubung dengan sebuah server FTP pada jaringan eksternal dan ingin menjamin bahwa FTP selalu memiliki paling sedikit 200 Kilobyte per detik (Kbps). Maka, anda harus mempertimbangkan pengaturan bandwidth minimum dari interface terpercaya untuk memastikan bahwa sambungan bandwidth anda tanpa gangguan. Untuk melakukan ini, anda harus melakukan tindakan Traffic Management yang mendefinisikan minimal 200 kbps untuk lalu lintas FTP yang di berikan provider layanan jaringan. Kemudian anda membuat prosedur FTP dan menerapkan prosedur traffic management. Hal ini memungkinkan “ftp put” di 200 kbps. Jika anda ingin mengizinkan “ftp get” di 200 kbps, maka anda harus mengkonfigurasi lalu lintas FTP pada provider jaringan yang memiliki minimal 200 kbps.

Contoh lain: 
Misalkan perusahaan anda menggunakan media streaming untuk pelatihan pelanggan yang berada di luar daerah. Media streaming ini menggunakan RTSP port 554. Maka, kita harus meminta ke provider jaringan agar mendapatkan kecepatan bandwidh yang tinggi, sehingga pada saat berlangsungnya streaming, kita mendapatkan bandwidth yang memadai dan terhindar dari adanya gangguan.

Batasan Bandwidth
     Kecepatan bandwidth tergantung dari pengaturan konfigurasi komputer tersebut dengan provider. Untuk memastikan bahwa pengaturan bandwidth sesuai. Pengaturan ini juga membantu memastikan bandwidth yang tidak memenuhi standar kecepatan tidak dapat mengakses ke luar sehingga lalu lintas (traffic) yang tidak memenuhi kecepatannya tidak bisa masuk. Karana dengan adanya pengguna yang memiliki bandwidth rendah, akan berdampak ke pengguna lain yang memiliki bandwidth dengan kecepatan tinggi.  

Quality of Service (Qos)

     Qos memberikan jenis layanan yang berbeda dari layanan jaringan lalu lintas (traffic). Ketika kita memberi tanda traffic, dan kita ubah sampai enam bit di paket header field. Maka perangkat luar  mampu memberi tanda dan memberikan penanganan yang tepat dari sebuah paket karena perjalanan dari satu titik ke titik lain dalam jaringan.

Prioritas Traffic
     Anda dapat menentukankan berbagai tingkatan prioritas, baik untuk kebijakan traffic ataupun untuk provider tertentu. Prioritas traffic di dalam firewall memungkinkan anda untuk mengelola beberapa tingkat layanan (CoS) antrian dan pesanan prioritas tertinggi untuk real-time atau data streaming. Dengan prioritas tinggi dapat mengambil bandwidth dari koneksi yang rendah ketika link tersebut padat dan lalu lintas bersaing untuk bandwidth.

0 comments: